Rabu, 20 Maret 2013

Jogja Library Center Malioboro



Ada satu sudut menarik di jalan Malioboro tepatnya di depan hotel Inna Garuda yaitu Jogja Library Center (JLC). Bangunan tua dengan dua lantai ini memiliki fasilitas seperti privat room study, kumpulan surat kabar, majalah, dan buku. Lantai pertama untuk koleksi majalah dan surat kabar. JLC buka setiap Senin-Jumat (08.00-16.00) & Sabtu (08.00-13.00).


Saya sendiri suka membaca surat kabar di sini. JLC memiliki koleksi surat kabar dari tahun 1940-2008. Mulai dari Kedaulatan Rakyat, Kompas, Bernas, Sinpo, dan Keng Po. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membaca koran di sini yaitu dengan membaca secara langsung yaitu mencari kumpulan koran di depo. Kedua, membaca dikomputer via pdf berbeda dengan fasilitas di Perpusnas, Jakarta yang memiliki alat micro reader yaitu alat untuk membaca koran seperti microskop. 

 Untuk koleksi majalah ada Hai, Gatra, Tempo, Djoko Lodhang dan Femina. Sebenarnya ada majalah yang lebih lawas lagi namun kondisinya sudah usang namun masih bisa diakses. Untuk mengakses majalah lawas seperti Kuncung bisa bertanya dengan petugas perpustakaan. 


 Untuk lantai atas berisi literatur populer serta gudang majalah serta surat kabar. Beberapa surat kabar 3 tahun terakhir masih dikumpulkan dan akan dibendel menjadi satu buku. Lantai atas biasanya digunakan beberapa orang untuk belajar kelompok. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan koneksi nirkabel atau wifi. Namun saya sering memanfaatkan fasilitas tersebut karena jaringannya masih lambat. Tapi tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

bajak