Jumat, 07 Januari 2011

Day #6 BUTA: Katak masih dalam tempurung

Saya diajak teman saya untuk mengarap sebuah acara konferensi internasional sejarah. Awalnya jobdesknya sebagai fotografer mengisi acara pameran yang juga diadakan bersamaan dengan konferensi tersebut. Saya merasa tertarik untuk ikut. Setelah beberapa pertemuaan dengan dosen. Ternyata saya disuruh mencari arsip saja. Bukan sebagai seorang fotografer yang mendokumentasi atau merekonstruksikan sebuah objek.

Bolak-balik ke perpustakaan, mencari data, bertemu dengan orang-orang yang paham dan berkecimpung dengan arsip menjadi sebuah pengalaman yang menarik. Sebuah Perpustakaan Ignatius menjadi tempat saya mencari arsip foto yang dibutuhkan. Sebenarnya saya sangat jarang pergi mencari arsip. Biasanya hanya membaca buku saja. Acara tinggal lima hari lagi, beruntung beberapa foto sudah di dapat meskipun saya kurang puas dengan hasil yang didapatkan. Seandainya saya mendapatkan rol filmnya mungkin menjadi sebuah pencapaian yang bagus. Tapi tak apalah, semoga Pak dosen puas dengan kerja tim kami.

Sedikit menyesali tentang kebutaan saya terhadap arsip dan orang-orang yang memegang “kunci” arsip. Namun akhirnya jangan sampai menjadi katak dalam tempurung. Namun dalam aslinya saya masih dalam tempurung, berkutat dengan sesuatu yang terbatas. Atau hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melampaui dirinya sendiri?

Semoga kamu menjadi orang tersebut.



terbutakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bajak