Senin, 14 Maret 2011

Kotagede dalam Komik

Apa yang anda ketahui tentang komik Indonesia? Selama ini komik-komik luar negeri yang biasa menemani anda dikala waktu senggang macam, Doraemon, Kungfu Boy, One Piece, Naruto dan masih banyak lagi. Belum lagi invansi komi-komik dari Amerika serikat seperti Batman, Superman dan Spiderman. Bagaimana dengan komik-komik ciptaan Indonesia, Tercatat beberapa komik seperti Panji Tengkorak dan Beni dan Mice menjadi salah satu karya monumental yang pernah di torehkan dalam sejarah penulisan komik di Indonesia.

“Kotagede dalam Komik” hadir ditengah sepinya produksi komik-komik dalam negeri yang makin meredup dengan masuknya berjuta-juta komik-komik terjemahan. Di buka dengan pengantar dari seniman yang juga komikus, Terra “Robotgoblok” Bajraghosa. Terra menjelaskan tentang proyek komik yang diusung dalam rangkaian acara Diskomfest#4. Salah satu alasannya Kotagede diangkat dalam komik karena Kotagede merupakan obyek wisata yang bagus dan penuh dengan nilai-nilai sejarah. Banyak cerita yang bisa diangkat dari seting tempat Kotagede.

Komik ini merupakan kumpulan dari beberapa karya komikus, cerita yang menarik adalah karya Kickers Arsyad dalam Kotagede Doeloe dan Sekarang, yang bercerita tentang perginya orang-orang Kalang dari Kotagede. Kaum Kalang adalah orang Bangsawan yang pada waktu itu terusir dari Kotagede karena tingginya angka kriminalitas. Kemudian karya Dhimas Aryo Kusumo dalam Satay “Big City” Rock, yang bercerita tentang Sate Karang, kuliner legendaries yang patut dicoba bagi wisatawan. Pada dasarnya semua karya yang ada dalam komik “Kotagede dalam komik” bagus namun dua karya tersebut dirasa layak untuk menjadi garda depan bagi karya kompilasi ini.

Semoga akan muncul lagi komik-komik yang diciptakan oleh anak negeri. Beberapa komikus indie juga masih terus melakukan pergerakan seperti yang dilakukan oleh Eko Nugroho bersama DGTMB (daging tumbuh), Mulya Karya, Anjingkomik! Diharapkan juga para pecinta komik juga menikmati hasil komikus anak negeri.

Judul : Kotagede dalam Komik

Penerbit : Jalasutra

Th terbit : 2010

Kota terbit : Yogyakarta

Jumlah hlm : 152 hlm.

Harga : Rp. 17.000,-

5 komentar:

  1. halo juga mbak..aku follow blognya...asik!

    BalasHapus
  2. Ada satu cerita yang saya tidak mengerti di buku ini, cerita yang judulnya Baong. Apakah benar nyata cerita itu?

    BalasHapus
  3. iya damar sama, aku juga rada bingung sama cerita itu. ada anak FIB jadi komikus ya?

    BalasHapus
  4. iya, anak sastra jepang, mas awang (ato awan, saya agak lupa)

    BalasHapus

bajak