Sabtu, 04 Desember 2010

Lega ing jiwa


Lega merupakan ungkapan yang menggambarkan saat kita berhasil menyelesaikan sesuatu. Menerka-nerka, menunggu hingga sampai waktunya kemudian melaluinya dan berhasil. Selayaknya kita mengharapkan pujian bak pahlawan namun ada kalanya kita hanya cukup bersyukur karena hal itu.

Akhirnya 1000 hari setelah berpulangnya Ayah saya, tidak terasa hari ini akan dilalui. Saya teringat ketika tahlilan di hari ke-4 kalau tidak salah, kami tahlilan dalam keadaan mati lampu dan hujan deras dan dihadiri 7 orang saja. Kemudian peringatan 40 hari, 100 hari, Setahun dan akhirnya 1000 hari menjadi puncak dari sebuah tradisi Jawa.

Penanaman kijing menjadi salah satu tanda ketika peringatan 1000 hari wafatnya seseorang. Dan beberapa ritual dilakukan, bagi mereka-mereka yang masih menganutnya. Ibu saya pernah bilang “Bapakmu ki lunga yo ninggali bondo, dadi yowes kwajibane awak dewe ki gawe acara iki. Larang yo ra masalah”. Dan saya sangat setuju dengan maksud ibu.

Semoga amal ibadah Ayah saya dapat diterima Allah SWT. Dan Ibu dan saya sekeluarga diberi ketabahan. Saya yakin ayah saya bangga dengan apa yang telah saya capai sampai saat ini.

3 komentar:

bajak