Minggu, 21 November 2010

Gembira Loka

Gembira Loka adalah salah satu kebun binatang yang ada di Yogyakarta. Bisa dikatakan salah satu tempat favorit liburan bagi warga Yogyakarta ataupun daerah sekitar DIY dan Jateng. Orang-orang Yogya yang khususnya Orang Jawa sering menyebut Gembira Loka dengan singkatan mbero dari kata gembira(jawa –red). Memang, Gembira loka diciptakan sebagai tempat bergembira.
Flashback ke sekitar tahun 1990, Keluarga saya merantau ke Yogyakarta. Kami tinggal di sebuah rumah kontrakan daerah Muja-muju. Tidak begitu luas memang, hanya ada satu kamar tidur dan ruang tamu. Waktu kecil saya sering sekali diajak Ayah atau Ibu saya masuk ke bonbin (Gembira Loka) lewat pintu belakang. Biasanya mereka mengajak kesana untuk menyuapi saya. Saya masih ingat biasanya saya disuapi oleh ibu di depan kandang burung kakatua putih. Masuk lewat belakang itu gratis, biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang masuk lewat belakang. Seperti mobil pembawa rumput, pegawai-pegawai kebun binatang. Nah, beberapa warga sekitar Gembira Loka mendapatklan freepass masuk gratis ke bonbin.

Beberapa foto-foto wisata saya dan keluarga di bonbin berhasil saya scan. Saya mencoba mengingat-ingat, kira-kira tahun berapa foto itu diabadikan? Kemungkinan 1993 atau 1994 ketika saya masih TK.
bebek air



bebek patung

di depan pesawat terbang

permainan ini sangat saya sukai

Terakhir saya mengunjungi Bonbin pada tahun 2008. Ketika itu saya mengikuti hunting foto bersama anak-anak Lomo Jogja. Suasana bonbin hampir sama seperti ketika waktu saya masih kecil. Masih ada Bebek air dan kapal air, Goa-goa berbentuk binatang juga masih kokoh berdiri, bedanya bau pesing makin menjadi-jadi. Beberapa koleksi memang baru seperti kura-kura dan ular. Ketika itu bonbin begitu ramai, maklum musim liburan. Ramainya bonbin menjadi-jadi ketika lebaran. Dangdut salah satu daya tarik tersendiri, cukup meriah, cukup seronok pokoknya pasukan jogetnya cukup banyak.
kabur

nuri

onta arab

senja bonbin

tiket masuk Rp 10.000,-
Semoga bonbin masih bisa berperan sebagai salah satu obyek wisata yang murah dan terjangkau. Kabar relokasi Bonbin masih belum terlihat sampai saat ini, bonbin akan di relokasi di daerah Dlingo, Bantul. Semoga dengan relokasi bonbin bisa menjadi daya tarik yang besar bagi pariwisata di DIY. Terlebih kesan alam di daerah Dlingo bisa menjadi modal kuat obyek wisata Bonbin mendatang. Dan semoga satwa-satwa yang ada bisa tetap hidup, kabar buruk terjadi di Kebun Binatang Wonokromo, Surabaya. Beberapa hewan koleksi Kebun Raya mereka mati. Mengenaskan.

10 komentar:

  1. unyuuu :p aku yo nduwe foto-foto gek jaman TK plesiran ning Bonbin, dan saya juga berfoto didepan kapal terbang itu~ bau pesing di setiap sudut gua tak akan terlupa dan masih suka terngiang sampai sekarang *prett

    BalasHapus
  2. silakan share foto-fotomu juga dongs...
    saya jadi teringat album terbarunya Whiteshoes "VAKANSI"...silakan dengarkan...

    BalasHapus
  3. sampai kemarin taun 2009 saya juga menyempatkan diri ke sana. melihat munyuk2 yang suaranya nyaring.

    BalasHapus
  4. tonggos: oia,,kelihatannya saya pernah melihat foto-fotonya di salah satu album anda di fb.
    semoga relokasi bonbin jadi lebih baik.

    febby: indahnya dunia anak-anak...

    BalasHapus
  5. saya setuju dengan : "Goa-goa berbentuk binatang juga masih kokoh berdiri, bedanya bau pesing makin menjadi-jadi."

    Sayang disana tidak ada Jerapah :(

    BalasHapus
  6. damar: iya ngak ada, tapi kalau patung jerapah sepertinya ada lho.

    BalasHapus
  7. jerapah ada di bonbin surabaya..saya pernah sekali kesana tahun 2009 juga..hebat dan luas lahannya

    BalasHapus
  8. blogku difollow genti yo dab

    BalasHapus

bajak