Minggu, 30 Oktober 2011

Goa Kali Suci : Keindahan di Balik Gersangnya Gunung Kidul

“Piknik ki kudu dadakan, nek rencana terus kapan le mangkat?” – Lubex

Sekitar sebulan yang lalu saya bersama teman-teman piknik ke Goa Kali Suci. Goa ini terletak di daerah Semanu Gunung Kidul yang jaraknya sekitar 1,5 jam dari Jogja. Kami berangkat hanya beranggotakan 6 orang dengan mengendarai sepeda motor. Meski hampir batal karena Jogja sempat turun hujan dan mendung. Namun, kami memutuskan untuk berangkat setelah menelepon petugas obyek wisata Goa Kali Suci yang menyatakan cuaca di Kali Suci cerah.

Sesampai disana kami masih harus menunggu sekitar setengah jam karena Obwis cukup ramai pada hari itu. Sebelum turun ke Goa, kami menyantap nasi bungkus yang dibeli ketika akan berangkat. Petugas memanggil kami, kami pun bersiap-siap menuju Goa, lengkap dengan perlengkapan seperti helm, pelampung dan ban. Jarak dari pos ke arah goa sekitar 500 meter ditempuh dengan jalan kaki.

Sebuah goa telah menganga seraya menyambut kami. Petugas memandu kami untuk turun ke sungai, satu per satu dari kami sudah diatas ban. Arus sungai cukup tenang tidak begitu deras. Setelah melewati goa, kami berhenti sebentar untuk foto-foto. Kemudian, kami melanjutkan perjalanan lagi setelah melewati goa perjalanan selesai. Sebuah tebing yang cukup tinggi telah menunggu kami, dibantu dengan sebuah tambang kami menaiki tebing sambil membawa ban.

Tips:

1. Pastikan perut kamu terisi atau membawa nasi bungkus sebelum tracking.

2. Pakailah baju ketika turun ke Goa karena ketika sore udara akan terasa dingin.

3. Pakailah sandal karena jalan tracking cukup terjal.

4. Sebaiknya berangkat ke Obwis sekitar pukul 1 siang dan jangan datang terlalu sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bajak